Wednesday, June 24, 2009

Cara Kerja FSK Modem

Modem merupakan singkatan dari modulator-demodulator. Modulator artinya penumpangan isyarat, demodulator pengambilan isyarat. Seperti penumpang bus yang masuk dari halte A keluar di halte B, maka halte A adalah modulator, halte B adalah demodulator.

Pada pengiriman data digital, isyarat yang ditumpangkan ke modem dalam hal ini adalah isyarat data digital dengan format komunikasi serial tak singkron (gambar 1). Data berupa urutan keadaan tegangan masukan 0V atau 5V (standar TTL) yang mewakili keadaan logika 0 atau 1. format data serial taksingkron terdiri dari start bit (logika 0 tanda mulai), 8bit data (bisa atau 1), dan stop bit (logika 1 sebagai tanda akhir). Pada saat tidak mengirim data kondisi output device berlogika 1 (mark), sehingga untuk memulai pengiriman data (start bit) berlogika 0 (space), selesai pengiriman data kembali ke kondisi mark









Modulator mengubah isyarat data serial menjadi isyarat audio. Input modulator berupa isyarat data serial, outputnya berupa frekuensi audio (Gambar 2. ).















Pada demodulator mempunyai fungsi yang berkebalikan dengan modulator yaitu inputnya berupa frekuensi audio outputnya berupa isyarat data serial.














Selanjutnya susunan peralatan komunikasi data melalui modem adalah seperti gambar 4 berikut ini. Komputer atau mikrokontroler yang berkomunikasi dengan komputer atau mikrokontroler lain pada jarak jauh masih memerlukan transmisi data yang berupa Radio atau Telephon.


IC Audio FSK Modem TCM3105 Rp125.000/ unit
hp08122775071
nurudinbasori@yahoo.com

No comments:

Post a Comment